PURI MATARAM, BUKTI KESUKSESAN BUMDES TRIDADI MAKMUR

L_Meong 01 Mei 2019 10:00:39 WIB

Sleman - Mengembangkan modal 68,5 juta menjadi ratusan juta dalam singkat bukanlah hal yang mudah. BUMDes Tridadi Makmur yang terletak di Desa Tridadi, Sleman telah membuktikan bahwa hal tersebut bukan sesuatu yang mustahil untuk diwujudkan. Dalam waktu kurang dari dua tahun, BUMDes yang dipimpin Agus Cholid kini mampu menghasilkan omset berkisar 845 juta per bulan.

Salah satu program yang digagas oleh BUMDes Tridadi Makmur yakni membuka destinasi pariwisata baru yang kemudian diberi nama Puri Mataram. Puri Mataram mengambil konsep budaya mataram, dimana di dalamnya menyajikan berbagai wahana yang saling terintegrasi. Destinasi wisata Puri Mataram menyajikan Joglo Resto, Joglo Lotus, Joglo Ndelik, Wahana Becak Air, Wahana Taman Bunga, Wahana Taman Kelinci, Wahana Taman Kitiran, Wahana Tangkap Ikan dan Pasar Ndelik.

Dalam pengelolaan Puri Mataram, BUMDes Tridadi Makmur tidak hanya mengandalkan dana desa, mereka mengajak masyarakat untuk turut menanam saham di Puri Mataram dengan pembagian deviden 51% untuk desa dan 49% untuk masyarakat. Kini Puri Mataram mampu menyerap 50 orang tenaga kerja yang terdiri dari 80% warga lokal dan 20% tenaga ahli. Dengan keuletan pengelola Puri Mataram, kini destinasi ini telah dikunjungi ribuan pengunjung baik wisatawan lokal maupun manca negara.

Untuk mempromosikan Puri Mataram, BUMDes Tridadi Makmur memanfaatkan jejaring sosial yangtelah ada seperti facebook dan instagram. Tim marketing yang dengan aktif memasuki instansi pemerintahan dan sekolah-sekolah yang ada di Jogja dan sekitar juga berperan penting untuk mengenalkan destinasi wisata yang masih terus mengembangkan inovasinya ini.

BUMDes Tridadi Makmur telah merencanakan website khusus tentang Puri Mataram untuk melangkah lebih dekat dengan apa yang mereka harapkan, yaitu mendapat keuntungan untuk mensejahterakan masyarakat dan memberikan pendapatan yang besar ke pemerintahan desa.

Komentar atas PURI MATARAM, BUKTI KESUKSESAN BUMDES TRIDADI MAKMUR

L_Meong 26 Juni 2020 12:05:44 WIB
Terimakasih kunjungannya ke website ini. Dari hasil studi di Puri Mataram, kami menemukan beberapa kendala yang dihadapi pada awal mula rencana pembukaan objek wisata itu. Salah satunya adalah upaya mengajak warga Desa Tridadi agar mau berinvestasi ke Puri Mataram. mereka menyampaikan itu cukup sulit.
Yulius Kurniawan 05 Maret 2020 18:32:24 WIB
ApaKendala yang di hadapi BUM Desa Tridadi Makmur dalam pengelolaan objek wisata puri mataram?

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Putat

tampilkan dalam peta lebih besar