MENGENAL SLRT DAN PUSKESOS

wahyun 04 November 2019 13:14:45 WIB

Putat (SIDA) – Tahun 2019 ini Kabupaten Gunungkidul menjadi salah satu dari 20 Kota/Kabupaten se-Indonesia yang menjadi daerah penumbuhan SLRT (Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu) dan Puskesos (Pusat Kesejahteraan Sosial). Program ini merupakan program Kementrian Sosial Republik Indonesia dan Dinas Kabupaten Gunungkidul sebagai pelaksana. 

Di Kabupaten Gunungkidul telah ditunjuk 50 fasilitator dan dua desa sebagai rintisan Puskesos yaitu Desa Putat dan Desa Tepus. Untuk wilayah Patuk yang ditunjuk sebagai fasilitator adalah Desa Nglegi, Desa Beji, dan Desa Pengkok. Penumbuhan ini menggunakan anggaran dari APBN. Di tahun-tahun selanjutnya diharapkan APBD juga mengalokasikan dana untuk penambahan tenaga fasilitator dan lembaga Puskesos baru sehingga pada 2024 semua desa ditargetkan telah memiliki fasilitator dan atau Puskesos.

SLRTdan Puskesos berperan menjadi tempat mengadu dan berkeluh kesah bagi masyarakat yang memiliki masalah dalam hal kesejahteraan sosial seperti masalah bantuan sosial, pendidikan, kesehatan, dan masalah non fisik lainnya. SLRT dan Puskesos selanjutnya akan mengidentifikasi masalah tersebut dan mencoba memberi solusi baik praktis ataupun berupa rujukan kepada OPD terkait.

Setiap Puskesos terdiri dari Koordinator yang sekaligus dipegang oleh Kasi Pelayanan, front office, dan back office. Adapun Puskesos Desa Putat berperan sebagai koordinator adalah Sri Wahyuni, S.Kom., front office adalah Santi Dwi Purwanti, dan Feti Oftafiasari sebagai back office. Dengan keberadaan SLRT dan Puskesos ini diharapkan permasalahan kemiskinan dapat teratasi dengan efektif dan cepat. Adapun terkait SLRT dan Puskesos dapat dipelajari lebih lanjut dalam Permensos No 15 tahun 2018 sebagaimana terlampir.[YN]

Dokumen Lampiran : Permensos No 15 Tahun 2018 tentang SLRT dan Puskesos


Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Putat

tampilkan dalam peta lebih besar