TIPS MENGHADAPI MUSIM PANCAROBA

Tari 07 November 2019 10:59:05 WIB

Akhir-akhir ini cuaca menghadapi musim pancaroba yang tidak menentu. Pagi cerah, siang panas dan sore pun bisa hujan hingga malam. Musim pancaroba bisa dikatakan pergantian cuaca yang sangat ekstrim. Perubahan cuaca seperti ini tidaklah baik untuk kesehatan, apalagi bagi kamu yang tidak bisa menjaga pola hidup sehat.

Musim pancaroba biasa ditandai dengan frekuensi tinggi badai, hujan yang sangat deras disertai guruh, serta angin yang bertiup kencang. Pada musim pancaroba biasanya frekuensi orang yang menderita penyakit saluran pernapasan atas, seperti pilek atau batuk, relatif meningkat. Bahkan, bisa menyerang gangguan pencernaan, menderita tifus dan demam berdarah (DBD).

Daya tahan tubuh pasti menurun saat musim pancaroba. Ada baiknya harus memawas diri supaya tetap sehat dan terhindar dari serangan penyakit, yaitu dengan cara:

  • Makan makanan yang bergizi

Jangan lupa sebelum beraktivitas harus sarapan terlebih dahulu dan memenuhi nutrisi dalam tubuh. Selain itu, atur jadwal pola makan yang benar menyesuaikan asupan makanan tepat pada waktunya.

  • Banyak minum air putih

Pastinya air putih sangat bermanfaat untuk kesehatan terutama dalam menjaga keseimbangan tubuh, membantu mengeluarkan racun dan meningkatkan energi. Jadi, jangan lupa siapkan air mineral saat beraktivitas saat musim pancaroba ya.

  • Olahraga teratur

Meskipun cuaca sedang tidak bersahabat, luangkanlah waktu 30 menit untuk berolahraga. Kamu harus menggerakan seluruh tubuh agar tidak kaku dan supaya tubuh menjadi segar karena sehat harus diimbangi dengan olahraga.

  • Istirahat yang cukup

Bagi kamu yang sering begadang, hindarilah kebiasaan ini. Lebih baik tidur dengan tepat waktu dan berisitirahat yang cukup agar keesokkan paginya badan menjadi sehat dan segar kembali. Selain itu, istirahat juga dapat mengontrol stress, hati, pikiran dan masalah sejenak

  • Konsumsi Vitamin

Terkadang makanan tidak mencukupi nutrisi dalam tubuh. Nah, mengonsumsi vitamin dianjurkan untuk menyeimbangkan porsi nutrisi tersebut. Kamu juga bisa memakan buah-buahan dan sayur-sayuran yang segar untuk melengkapinya.

  • Membawa barang yang diperlukan

Dalam sehari ada kemungkinan perubahan cuaca saat musim pancaroba terjadi secara ekstrim. Kamu bisa menyiapkan payung dan ponco atau jas hujan saat hujan datang. Barang tersebut bisa melindungi pakaian kamu dari air hujan. Kalau pakaian lembab bisa saja menimbulkan banyak sumber penyakit. Selain itu, kamujuga bisa bawa barang-barang yang lainnya sesuai kebutuhan kamu sendiri.

  • Menjaga kebersihan

Tentunya pola hidup yang sehat diimbangi dengan menjaga kebersihan. Seperti makan dan minuman yang higienis, serta menjaga kebersihan lingkungan.

Dengan mengetahui cara menghadapi perubahan cuaca saat musim pancaroba di atas maka mulai dari sekarang berhati-hatilah dan perhatikan hal-hal kecil seperti itu karena musim pancaroba bisa menyerang siapa saja dan kapan pun.

 

Sumber : http://www.teen.co.id/read/4436/musim-pancaroba-ini-7-tips-mengahadapi-perubahan-cuaca-ekstrim

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Putat

tampilkan dalam peta lebih besar