SOSIALISASI KESEHATAN DASAR, MENCUCI TANGAN, DAN MENGGOSOK GIGI

Feti 17 Januari 2020 13:08:14 WIB

PUTAT (SIDA) - Sabtu, 11 Januari 2020 KKN Universitas Sanata Darma mengadakan sosialisasi kesehatan dasar untuk ibu-ibu, dan mencuci tangan serta menggosok gigi. Kegiatan ini berbarengan dengan kegiatan Posyandu di Padukuhan Putat I.

Setiap orang pasti menginginkan tubuh yang selalu bersih dan sehat. Karena dengan memiliki tubuh yang bersih dan sehat, maka setiap kegiatan dan aktivitas yang dilakukan akan berjalan optimal dan sesuai dengan yang diharapkan.

Pemerintah pun lewat program dan kebijakannya mengajak untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Salah satunya melalui program andalan yaitu; Perilaku Hidup Bersih dan Sehat yang biasa di kenal dengan istilah PHBS. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Dengan program tersebut, diharapkan agar masyarakat dapat menerapkannya mulai dari lingkup terkecil, seperti diri sendiri maupun keluarga.

Salah satu Perilaku Hidup Bersih dan Sehat adalah cuci tangan pakai sabun. Kenapa di mulai dengan cuci tangan? Karena tangan merupakan pembawa utama kuman penyakit. Oleh karena itu, sangat penting untuk diketahui dan di ingat bahwa perilaku cuci tangan pakai sabun merupakan perilaku sehat yang sangat efektif untuk mencegah penyebaran berbagai penyakit menular seperti diare, kecacingan pada anak, bahkan Flu Burung. Mencuci tangan merupakan salah satu perilaku sehat yang pasti sudah dikenal.

Perilaku ini pada umumnya sudah diperkenalkan sejak kita masih kecil, baik oleh orang tua di rumah maupun di sekolah saat masih mengenyam pendidikan di Taman Kanak-Kanak sampai tamat Sekolah Dasar. Namun pada kenyataannya perilaku ini masih belum menjadi budaya sehingga dengan adanya sosialisasi ini masyarakat padukuhan Putat I dapat mulai mengajarkan anaknya untuk membiasakan cuci tangan dengan sabun.

Selain itu pada kegiatan ini diajarkan cara menggosok gigi yang benar oleh KKN Sanata Darma kepada anak-anak. Dengan kegiatan ini diharapkan anak-anak dapat menggosok gigi dengan benar sehingga kesehatan gusi dan mulutnya dapat terjaga. Tak hanya itu saja, KKN Sanata Darma juga memberikan sosialisasi kepada ibu-ibu tentang kebutuhan cairan pada tubuh. Harapannya dimulai dari ibu, dapat mengetahui kebutuhan cairan untuk tubuh per harinya, mengetahui apakah tubuhnya mengalami dehidrasi (kekurangan cairan) melalui warna urin.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Putat

tampilkan dalam peta lebih besar