AMBIL SAMPEL DARAH, PULUHAN WARGA GUNUNGKIDUL POSITIF ANTRAKS

Tari 20 Januari 2020 12:54:14 WIB

Wonosari,(gunungkidul.sorot.co)--Pemerintah Kabupaten Gunungkidul melalui Dinas Kesehatan setempat menyatakan bahwa puluhan warga di Gunungkidul positif terkena antraks. Hal itu ditegaskan setelah petugas mengambil sampel darah dari sejumlah warga yang melakukan kontak dengan hewan di area diduga tersebar antraks.

Ada 27 orang yang positif antraks,” ujar Kepala Bidang Perlindungan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Gunungkidul, Sumitro, kepada media dalam jumpa pers terkait antraks di Desa Logandeng, Kecamatan Playen, Rabu (15/01/2020) siang.

Sumitro mengatakan bahwa pihaknya telah mengambil sampel 54 dari 87 orang di wilayah Desa Gombang, Kecamatan Ponjong khusunya di Padukuhan Ngrejek Wetan dan Ngrejek Kulon, yang mengalami gejala klinis. Hasilnya 27 orang terkontaminasi antraks. 

Lanjut Sumitro, Dinkes telah berupaya memberikan antibiotik kepada 27 warga yang memang positif antraks. Pemberian antibiotik ini dilakukan selama kurun waktu 20 hari guna meredam penyebaran bakteri.

Kita lakukan kontrol terus kepada mereka sampai 20 hari. Tidak perlu diisolasi,” sambungnya.

Sementara Kepala Seksi Keswan dan Kesmavet Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul, Retno Widyastuti mengatakan, peristiwa sapi atau kambing mati memang terjadi di beberapa wilayah, selain di Desa Gombang. Lokasi penyebarannya berada di arah Timur Laut, Timur dan Tenggara.

Kita sudah siapkan formalin 5.000 liter, juga antibiotik dan lain-lain 10-15 ribu dosis untuk perlindungan hewan,” ucapnya.

Hasil sementara, sapi yang positif mati karena antraks ada dua di wilayah Ngrejek Wetan, sisanya negatif. Ia pun meminta kepada masyarakat khususnya di wilayah Gombang untuk tidak menjual hewan ternaknya terlebih dahulu karena bisa berisiko membawa bakteri antraks.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat agar melakukan tindakan cepat dengan melapor ke petugas bila menemukan sapi ataupun kambing yang mati mendadak.

Kalau bisa langsung dikubur. Jangan ketika kejang-kejang justru dijual. Ini yang bahaya, karena bisa menyebar,” ucapnya.
https://gunungkidul.sorot.co/berita-100894-ambil-sampel-darah-puluhan-warga-gunungkidul-positif-antraks.html

Dokumen Lampiran : AMBIL SAMPEL DARAH, PULUHAN WARGA GUNUNGKIDUL POSITIF ANTRAKS


Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Putat

tampilkan dalam peta lebih besar