MUSIM PANEN PADI DI AWAL KEMARAU

Tari 04 Juli 2020 19:34:43 WIB

Putat (SIDA) – Saat ini awal musim kemarau telah memasuki masa panen padi untuk para petani. Namun padi jenin umbul-umbul yang bisa panen lebih awal karena masa tanamnya yang lebih pendek dibanding tanaman padi varietas lainnya.

Tanaman padi umbul-umbul dipanen lebih awal selain karena sudah tua juga karena pohonnya yang roboh diterjang angin karena pohonnya yang tinggi dan tidak kuat menahan terpangin angin.  Untuk jenis varietas padi 05 atau mapan atau supadi masih lama masa panennya karena saat ini baru tumbuh biji padinya kalau dalam bahasa jawa namanya “mrekatak”.

Petani tidak bisa bersamaan memanen padi karena masa tumbuh yang berbeda. Selain mendapatkan padi petani juga memanfaatkan pohon padi atau “damen” untuk makanan ternak seperti sapi. Pohon padi tersebut kalau banyak dijemur untuk dikeringkan dan disimpan untuk dijadikan makanan ternak pengganti pada musim kemarau mendatang.

Karena kalau musim kemarau biasanya rumput pada kering dan susah mencari pakan ternak sehingga pohon padi yang kering tadi bisa dimanfaatkan untuk pakan ternak pengganti rumput.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Putat

tampilkan dalam peta lebih besar