TIRAKATAN MALAM SATU SURO PADUKUHAN BATUR

Tari 24 Agustus 2020 10:23:59 WIB

Putat (SIDA) – Kamis 20 Agustus 2020 merupakan tahun baru islam (muharram) atau dalam bahasa jawa disebut bulan suro yang dianggap bulan sakral. Maka setiap malam menjelang 1 suro ada tirakatan atau kenduri bersama dan biasanya ada acara lek-lekan(dalam bahasa jawa) yang artinya tidak tidur semalaman.

Padukuhan Batur setiap malam 1 suro warganya melakukan tirakatan di Joglo Batur dan kenduri bersama yang sudah merupakan tradisi sejak dahulu dan dilestarikan sampe sekarang. Bapak-bapak berkumpul di Joglo dari sehabis isyak sampe pagi hari.

Dan malam itu juga warga musyawarah untuk menentukan langkah-langkah kedepan apa saja yang akan dilakukan untuk kemajuan Padukuhan Batur dan juga memecahkan permasalahan yang ada selama ini dibahas dan dipecahkan bersama untuk mencapai kemufakatan.

Masyarakat juga melakukan doa bersama agar pandemi ini segera berakhir dan warga dapat beraktifitas lagi seperti dulu. Dalam acara ini tetap mematuhi protokol kesehatan selalu cuci tangan, memakai masker dan selalu jaga jarak.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Putat

tampilkan dalam peta lebih besar