7 TIPS HARIAN AGAR TUBUH SEHAT DAN PIKIRAN TIDAK GAMPANG STRES

Feti 30 Maret 2021 10:00:11 WIB

Pasti kita semua sepakat ya, bahwa dengan makan makanan sehat dan minum minuman sehat, gaya hidup kita sudah menuju gaya hidup yang sehat. Namun tak cukup berhenti di situ saja! Ternyata ada beberapa kiat yang mampu meningkatkan fisik dan mental kehidupan kita. Tak cukup hanya dengan makanan/minuman sehat saja, tetapi menggenapkannya dengan perubahan kecil dalam hidup keseharian kita.

 

“Aku juga percaya, sebagai seorang ibu, aku harus bahagia agar bisa membahagiakan anggota keluarga lainnya.”

“Aku harus bisa menjaga dan merawat diriku sendiri agar mampu menjaga dan merawat anggota keluarga lainnya.”

 

Setelah hampir 25 tahun hidup berumah tangga aku mengamati irama aktivitas keseharianku dan menemukan bahwa beberapa kebiasaan baik di bawah ini amat berperan agar aku mampu menjalani aktivitas setiap hari penuh energi yang pada akhirnya bisa menjadi penjaga bagi keluarga kecilku.

 

1. Bangun lebih awal

Saat aku bangun tepat waktu yang diawali dengan minum air putih hangat sebanyak 2 gelas, lalu menunaikan salat Fajar, menyiapkan sarapan serta kebutuhan suami dan buah hati, aku yakin aku sudah memulai hari dengan awal yang baik.

 

Bangun cepat membuat aku punya cukup waktu untuk diriku sendiri seperti melakukan yoga ringan sembari mendengarkan kicauan burung dari seberang jalan, memandang kelopak bunga asoka mekar di bawah jendela dan di dekat pagar di pinggir jalan. Rasanya begitu menyenangkan dan siap untuk memulai hari penuh energi!

 

 

2. Tak menyentuh gadget sampai anak dan suami berangkat

Bagiku ini adalah kemewahan. Aku bisa fokus melakukan aktivitas dan memberi perhatian penuh kepada suami dan buah hati.

Rasanya begitu luar biasa saat mampu mendapatkan kemewahan zaman now ini dan aku merasa hidupku baik-baik saja meski tanpa gadget di pagi hari. Kini aku sedang berjuang menularkan kebiasaan ini kepada suami dan buah hati.

 

3. Ekspresif

Maksud aku di sini adalah saat aku menemukan sesuatu yang tidak berkenan sedapat mungkin aku akan mengemukakan alasan dengan memilih kata-kata yang bijak, tidak menimbulkan ketidaknyamanan, atau tidak ragu saat harus mengatakan tidak.

 

Kemampuan ekspresif ini menurut aku sangat bermanfaat agar kita terhindar dari sifat seperti menyimpan sekam dalam api, yang sewaktu-waktu saat terpicu bisa menjadi bara yang sangat membara, mampu membakar apa saja yang berada di dekatnya.

 

 

4. Berpikir jernih

Dari beberapa kejadian aku belajar bahwa tergesa-gesa pasti bermuara kecewa. Jadi menarik napas, memberi diri waktu berpikir jernih kerap melahirkan solusi.

 

5. Membuat catatan

Hidup ini penuh kesibukan, jadi dengan membuat to do list berdasarkan prioritas, aku mampu mencapai target dan terhindar dari penyakit menunda-nunda pekerjaan. Dan saat menjelang ke peraduan aku bisa tidur nyenyak dan siap menjemput impian.

 

6. Berpikir positif

Agama yang aku anut mengajarkan berpikir positif memberi kebaikan baik fisik maupun mental. Aku juga percaya dengan berpikir positif, stress bisa diminimalisir, pikiran jadi lebih jernih, punya teman lebih banyak dan dicintai serta gampang untuk berlapang dada.

Sebaliknya berpikir negatif membuat buruk sangka, sangat tersiksa, stress mendera dan penyakit akhirnya datang meraja.

 

7. Me-time

Sesekali aku memanjakan diri sendiri. Misalnya dengan memutar play list favorit, menonton film drama romantis, membaca buku atau quote inspirasional atau sekedar menikmati hasil fotografi di Instagram atau situs penyedia foto dengan banyak koleksi tema. Rasanya, lagi-lagi begitu menyenangkan. Aku seperti terlahir kembali dan penuh energi.

 

Begitulah beberapa kiat yang telah aku eksekusi dan it works for me! Aku percaya setiap orang itu unik dan punya gaya hidup masing-masing agar bisa kuat dan semangat untuk menjaga anggota keluarga lainnya.

 

Sumber: https://m.fimela.com/beauty-health/read/3807595/7-tips-harian-agar-tubuh-sehat-dan-pikiran-nggak-gampang-stres

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung